rss_feed

Desa Cisumur

Jalan Kartadiwirya No. 1 Cisumur
Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah , Kode Pos 53254

083874462456 mail_outline admin@cisumur.desa.id

Perayaan
Hari Batik
  • RUSWANTO, S.Sos

    Kepala

    Tidak Ada di Kantor
  • SHOFYAN KHASANI, S.S

    Sekretaris Desa

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Desember 2021 10:51:33
  • WARIS ANSORI

    Kasi pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    27 September 2024 08:12:23
  • TUGIMIN

    Kaur Umum dan Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
  • NYONO

    Kaur Keungan

    Tidak Ada di Kantor
  • MUHLASIN

    Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    30 April 2024 10:05:12
  • MUHYIDIN

    Kadus Balaipanjang

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    18 Januari 2022 14:16:55
  • HARYANTO

    Kadus Pondok Gede

    Tidak Ada di Kantor
  • SUKAMTO

    Kadus Purwadadi

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Juli 2020 12:04:19
  • NGADIYO

    Kadus Wanadadi

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    26 Januari 2022 12:41:39
  • SITI ROMLAH

    Kadus Cisumur

    Tidak Ada di Kantor
  • IHFAR SUGIARTO

    Kadus Dungunsari

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    30 April 2024 10:04:15
  • SOLIHUN

    Staf Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
  • AMIN MUCHSON

    Staf Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    06 Maret 2024 10:50:50
  • MUHAYAN

    Staf Kaur Umum dan Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    09 Januari 2024 08:39:40
  • RUSMINAH

    Staf Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
  • AKHMAD MUBARIR

    Staf Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor

settings Pengaturan Layar

Mari kita bantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19, hubungi Perangkat Desa setempat apabila diperlukan bantuan atau penanganan segera. -- selengkapnya... Simak perkembangan penanganan dan pencegahan Covid-19 di https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/ Terkendala situasi di tengah wabah Covid-19, Pemerintah Desa Cisumur sosialisasikan rancangan Perkades melalui Online -- selengkapnya... Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan.. Setiap kedatangan Pemudik/ Tamu dari Luar Kota/ Luar Negeri agar melaporkan kepada Ketua RT setempat dalam waktu 1 x 24 Jam sejak jam kedatangan dengan menyiapkan KTP dan Nomor HP yang aktif
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

0

Bulan Ini

0

Bulan Lalu

70

Tahun Ini

87

Tahun Lalu

556

Total
fingerprint
Tahlilan-Slametan Sebagai Kearifan Lokal di Desa Cisumur

11 September 2020 10:27:26 2.568 Kali

Kearifan Lokal Selametan-Tahlilan Di Desa Cisumur Gandrungmangu

Oleh: Ahmad Firdaus

Setiap daerah pasti menyimpan potensi kearifan lokal sebagai wujud dari khazanah intelektual yang diekspresikan melalui ritual budaya masing-masing.  Salah satu potensi kearifan lokal itu adalah ritual budaya-agama dan kegiatan selametan yang sudah melekat pada sebagian masyarakat jawa. Tradisi selametan yang masih banyak dilakukan di Desa Cisumur yaitu tradisi selametan kematian, hal ini didorong oleh sistem keyakinan dan kepercayaan yang kuat terhadap sistem nilai dan adat istiadat yang sudah berjalan turun temurun..

Selametan merupakan bentuk aktivitas sosial berwujud upacara yang dilakukan secara tradisional. Upacara selametan diadakan agar mendapat keselamatan, baik yang menyelenggarakan maupun yang diselamati. Menurut kepercayaan masyarakat jawa, arwah yang masih mempunyai persoalan selayaknya untuk dikirim do’a dengan cara menyelenggarakan selametan.

Seiring perkembangan zaman, tradisi selametan kematian sekarang sudah mengandung nilai-nilai islam dalam pelaksanaannya, yang dikenal dengan tahlilan. Istilah “tahlil” artinya pengucapan kalimat Laa ilaaha illallah, sedangkan tahlilan artinya bersama-sama memanjatkan do’a bagi orang yang sudah meninggal dunia, dengan harapan semoga diterima amal dan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Sebelum do’a bersama, terlebih dahulu diucapkan beberapa kalimat  thayyibah yang berwujud hamdalah (tahmid), shalawat, shalawat, tasbih, dan beberapa ayat suci Al-Qur’an dan tahlil.

Adapun selametan yang diadakan yang berhubungan dengan peristiwa kematian seseorang bagi masyarakat. Selametan yang dilakukan diantaranya sebagai berikut:

  1. Selametan Surtanah

Selametan ini diadakan pada saat jenazah dikebumikan. Maksud diadakannya selametan ini agar roh orang meninggal tersebut mendapatkan tempat yang layak dan jalan yang terang serta diterima di sisi Tuhan.

  1. Selametan Nelung Dina

Selametan ini diadakan pada hari ke-3 pada saat sesudah meninggal. Maksud selametan ini sama dengan selametan surtanah.

  1. Selametan Mitung Dina

Selametan ini diadakan pada hari ke-7 setelah meninggal. Hal ini berhubungan dengan anggapan orang jawa bahwa selama waktu 7 hari ini roh orang yang meninggal masih berada disekitar rumah keluarganya. Tradisi selametan mitung dina  telah ada sejak ganerasi sahabat Nabi Muhammad SAW, Al Imam Sufyan, seorang ulama Salaf  mengatakan bahwa Imam Thawus berkata :”Sesungguhnya orang yang meninggal akan diuji di dalam kubur selama tujuh hari. Oleh karena itu, mereka (kaum salaf) menganjurkan bersedekah makanan untuk keluarga yang meninggal selama tujuh hari tersebut.”

  1. Selametan Matang Puluh Dina

Selametan ini diadakan pada hari ke-40 setelah meninggal. Maksud diadakannya selametan ini agar roh orang meninggal tersebut mendapatkan tempat yang layak dan jalan yang terang serta diterima di sisi Tuhan.

  1. Selametan Nyatus Dina

Selametan ini diadakan pada hari ke-100 setelah meninggal. Maksud diadakannya selametan ini agar roh orang meninggal tersebut mendapatkan tempat yang layak dan jalan yang terang serta diterima di sisi Tuhan.

  1. Selametan Mendhak Pisan

Selametan ini diadakan pada setahun setelah meninggal. Fungsi selametan  ini mengingat kembali akan jasa-jasa orang meninggal.

  1. Selametan Mendhak Pindho

Selametan ini diadakan pada dua tahun setelah meninggal. Fungsi selametan ini dimaksudkan untuk menyempurnakan semua kulit, darah, dan semacamnya.

  1. Selametan Nyewu Dina

Selametan ini merupakan selamatan terakhir yang diadakan untuk menghormati orang yang sudah meninggal dan diadakan sesudah hari yang keseribu sesudah kematian.

 

 

Selamatan Kematian di Desa Cisumur

            Tradisi selamatan kematian yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, berbeda dengan tradisi selamatan yang diwariskanoleh Hindu-Budha. Tradisi selamatan  kematian Desa Cisumur hasil dari sentuhan akulturasi yang dilakukan oleh ajaran Wali Songo. Suatu ciri khas masyarakat dalam menghadapi keluarga yang berduka cita adalah bertakziyah dengan membawa bawaan untuk diberikan kepada keluarga si mayat, dengan harapan dapat membantu meringankan penderitaaan mereka selama waktu berduka cita. Bentuk bawaan menurut kebiasaan dapat berupa beras, gula, uang, dan lain-lain.

Hosting Unlimited Indonesia

Masyarakat Desa Cisumur, dalam pelaksanaan  selamatan kematian tidak melaksanakan peringatan  surtanah (selamatan  setelah penguburan), dan selamatan nelung dina (selamatan setelah tiga hari). Kebiasaan atau adat selamatan kematian dilakukan dengan tahlilan dari hari pertama sampai hari ke tujuh setelah meninggal. Setelah selesai selamatan mitung ndina kemudian dilanjutkan dengan selamatan matang puluh dina, nyatus dina, mendhak pisan, mendhak pindo, dan terakhir  selamatan nyewu dina.

Selametan diadakan sesuai dengan kalender jawa. Hal ini dapat digambarkan dalam contoh, misalnya ada orang yang meninggal pada hari Ahad Kliwon. Selametan yang diadakan adalah selametan nelung ndina jatuh pada hari Selasa Pahing, untuk selametan mitung ndina jatuh pada hari Sabtu Legi, selametan matang puluh dina jatuh pada hari Kamis Wage, selametan nyatus dina jatuh pada hari Senin Wage, selametan mendhak pisan dilakukan hari Rabu Pon, selametan mendhak pindho jatuh pada hari Selasa Wage, selametan nyewu dina dilakukan pada Jum’at Wage.

Tahlilan atau selametan kematian diawali oleh pihak keluarga yang meninggal dengan mengundang tetangga dan sanak saudara secara lisan untuk menghadiri acara tersebut. Sebagian besar, selametan diselenggarakan diwaktu malam hari setelah shalat isya. Upacara ini hanya dilakukan oleh kaum pria, sedangkan wanita tinggal di mburi (belakang-didapur). Acara akan dimulai apabila para tamu undangan sudah banyak yang dating dan dianggap cukup. Bahkan, orang yang tidak diundangpun kadang-kadang turut menghadiri acara tahlilan sebagai ekspresi penyampaian rasa ikut berduka. Acara dipimpin oleh tokoh masyarakat yang sudah ditunjuk oleh pihak tuan rumah seperti seorang ulama atau ustadz. Acara selametan dilakukan dengan diawali pembacaan surat Yasin, pembacaan tahlil, dan ditutup dengan pembacaan doa secara bersama-sama.

Makanan yang disajikan pada acara selametan memiliki cara penyajian dan jenis tertentu. Makanan yang disajikan tidak menggunakan tumpeng ataupun sesajen. Namun, makanan itu menggunakan cething yang berisi lauk pauk seperti ayam goreng, telur, kerupuk, sayur mie, dan sambal goreng lainnya. Makanan tersebut biasa disebut dengan berkat (berasal dari bahasa Arab) yang artinya barokah. Berkat ini biasanya dibawa pulang oleh para tetangga.

Referensi

  1. Faizah, K., 2018. Kearifan Lokal Tahlilan-Yasinan dalam Dua Perspektif Menurut Muhammadiyah. Journal of Islam and Plurality, 3 (2), pp.1-15
  2. Mahmudah, N.,  & Saputra, A. R. A., 2019. Tradisi Ritual Kematian Islam Kejawen Ditinjau Dari Sosiologi Hukum Islam. Jurnal Studi Keislaman, 19 (1), pp.177-192.
  3. Sari, D. A. A., 2017. Selametan Kematian Di Desa Jaweng Kabupaten Boyolali. Haluan Sastra Budaya, 1 (2), pp.147-161

Sumber Foto: https://herrybsancoko.wordpress.com/tag/kenduren/

 

 

 

map Wilayah Desa

Alamat : Jalan Kartadiwirya No. 1 Cisumur
Desa : Cisumur
Kecamatan : Gandrungmangu
Kabupaten : Cilacap
Kodepos : 53254
Telepon : 083874462456
No. HP :
Email : admin@cisumur.desa.id

message Komentar Terkini

  • person Muhiran

    date_range 25 April 2024 13:12:13

    Kegiatan yang baik dalam meningkatkan kompetensi serta [...]
  • person Suryo

    date_range 05 Oktober 2021 09:50:49

    Mantab [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 18 April 2020 13:08:26

    Pencegahan cukup baik [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 17 April 2020 12:46:03

    Cegah korona dengan hidup sehat [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 17 April 2020 12:41:13

    Maju desaku [...]

account_circle Pemerintah Desa

insert_photo Galeri

assessment Statistik

contacts Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 139
Kemarin : 464
Total Pengunjung : 399.828
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.222.164.141
Browser : Mozilla 5.0

folder Arsip Artikel


reorder Info Komersial

Hosting Unlimited Indonesia