rss_feed

Desa Cisumur

Jalan Kartadiwirya No. 1 Cisumur
Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah , Kode Pos 53254

083874462456 mail_outline admin@cisumur.desa.id

Hari Libur Nasional
Satu Muharam / Tahun Baru Hijriah
  • RUSWANTO, S.Sos, S.Sos

    Kepala

    Tidak Ada di Kantor
  • SHOFYAN KHASANI, S.S

    Sekretaris Desa

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Desember 2021 10:51:33
  • WARIS ANSORI

    Kasi pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    24 Juni 2024 22:49:50
  • TUGIMIN

    Kaur Umum dan Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
  • NYONO

    Kaur Keungan

    Tidak Ada di Kantor
  • MUHLASIN

    Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    30 April 2024 10:05:12
  • MUHYIDIN

    Kadus Balaipanjang

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    18 Januari 2022 14:16:55
  • HARYANTO

    Kadus Pondok Gede

    Tidak Ada di Kantor
  • SUKAMTO

    Kadus Purwadadi

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Juli 2020 12:04:19
  • NGADIYO

    Kadus Wanadadi

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    26 Januari 2022 12:41:39
  • SITI ROMLAH

    Kadus Cisumur

    Tidak Ada di Kantor
  • IHFAR SUGIARTO

    Kadus Dungunsari

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    30 April 2024 10:04:15
  • SOLIHUN

    Staf Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
  • AMIN MUCHSON

    Staf Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    06 Maret 2024 10:50:50
  • MUHAYAN

    Staf Kaur Umum dan Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    09 Januari 2024 08:39:40
  • RUSMINAH

    Staf Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
  • AKHMAD MUBARIR

    Staf Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor

settings Pengaturan Layar

Mari kita bantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19, hubungi Perangkat Desa setempat apabila diperlukan bantuan atau penanganan segera. -- selengkapnya... Simak perkembangan penanganan dan pencegahan Covid-19 di https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/ Terkendala situasi di tengah wabah Covid-19, Pemerintah Desa Cisumur sosialisasikan rancangan Perkades melalui Online -- selengkapnya... Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan.. Setiap kedatangan Pemudik/ Tamu dari Luar Kota/ Luar Negeri agar melaporkan kepada Ketua RT setempat dalam waktu 1 x 24 Jam sejak jam kedatangan dengan menyiapkan KTP dan Nomor HP yang aktif
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

0

Bulan Ini

9

Bulan Lalu

70

Tahun Ini

87

Tahun Lalu

556

Total
fingerprint
Profil Wilayah Desa Cisumur

06 Maret 2020 14:05:43 11.810 Kali

Desa Cisumur adalah Desa yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, dengan lokasi yang sangat strategis karena berada di Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) yang menghubungkan kota-kota di Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana saat ini (2017) pembangunannya masih berlangsung.

Profil Geografis

Secara geografis, Desa Cisumur terletak diantara koordinat 7°32'14.24"S  108°48'52.46"T dan 7°32'18.09"S 108°50'10.70"T serta 7°30'9.10"S 108°48'54.27"T dan 7°34'23.33"S 108°49'8.99"T, dengan luas wilayah 138,6 Km2 dengan kontur tanah dataran rendah yang mayoritasnya berupa area persawahan.

Aksesabilitas

Desa ini dapat diakses dari seluruh jalan-jalan yang menghubungkan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, baik arah barat (Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Pangandaran) maupun dari arah tengah (Yogyakarta – Semarang – Pekalongan – Pemalang Purwokerto) dan dari arah timur (Yogyakarta – Purworejo – Kebumen – Cilacap) dengan kondisi jalan yang cukup bagus. Desa Cisumur menjadi jalur perlintasan yang menghubungkan Kota Cilacap dan Kabupaten Pangandaran melalui Jalan JJLS yang baru saja selesai dibangun (2021). 

Gambar - Jalan JJLS

Dengan adanya Stasiun Kereta Api di daerah sekitarnya (Stasiun Sidareja dan Stasiun Gandrungmangu) maupun dua bandar udara yaitu di Pangandaran dan Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap akan memberikan kemudahan akses bagi calon wisatawan dari berbagai kota di Indonesia untuk mengunjungi Desa Cisumur ini. Moda transportasi lain yang mendukung kemudahan akses menuju dan dari Desa Cisumur adalah banyaknya jasa angkutan umum Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang beroperasi di Kecamatan Gandrungmangu, Sidareja maupun Karangpucung yang semuanya itu melayani trayek hingga ke pusat kota Gandrungmangu yang jaraknya dari Desa Cisumur tidak mencapai 4 Km.

 

Administrasi Pemerintahan

Desa Cisumur mempunyai wilayah yang memanjang dari utara ke selatan, terdiri dari 6 Dusun, yaitu: Dusun Balaipanjang, Pondok Gede, Purwadadi, Wanadadi, Cisumur dan Dungunsari dengan pusat pemerintahan berupa Kantor Balaidesa yang berlokasi di Dusun Wanadadi. Administrasi Pemerintah Desa Cisumur dibantu oleh 8 Rukun Warga dan 56 Rukun Tetangga.

Berdasarkan pendataan Pemutakhiran Status Perkembangan Desa, Desa Cisumur mendapatkan skor Indeks Desa Membangun (IDM) 0,7932 atau dikategorikan sebagai Desa Maju. Pencapaian inilah yang selanjutnya menjadi dasar bagi Pemerintah Desa Cisumur untuk meningkatkan upaya dalam memaksimalkan penyelesaian target pembangunan, khususnya pembangunan fisik infrastruktur.

Kondisi Alam

Secara umum, Desa Cisumur merupakan Desa yang bercorak agraris dengan mayoritas penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani, khususnya tanaman pangan yaitu padi, palawija dan buah-buahan yakni jeruk. Area persawahan di Desa Cisumur masih terbilang alami, hal ini dapat dilihat dengan banyak ditemukanya burung Bangau/ Kuntul yang hidup di area persawahan dan sekitar sungai Cibereum.

Gambar - Sungai Cibereum

Berbagai jenis ikan lokal juga masih banyak ditemukan di persawahan, saluran irigasi teknis hingga sungai-sungai kecil yang ada setiap harinya menjadi banyak dikunjungi para pemancing, umumnya berasal dari Kecamatan Gandrungmangu dan sekitarnya.

Cuaca di Desa Cisumur sama seperti di kebanyakan desa di sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa, yaitu panas dengan suhu sekitar 25 – 300C di musim kemarau dengan tetap terdapat kabut di pagi hari dan dingin dengan suhu sekitar 18 – 200C di musim penghujan. Perbedaan suhu udara di siang hari dan malam hari tidak begitu mencolok, namun secara umum cukup nyaman untuk melakukan kegiatan apapun di luar ruangan. Tingkat pencemaran udara masih terbilang minim, meski belum dapat disajikan data yang akurat, namun hal ini dapat dilihat dengan minimnya penyakit warga yang disebabkan karena inspeksi saluran pernapasan[1] serta tidak adanya pabrik yang beroperasi di Desa tersebut.

Desa Cisumur ini terletak di tepi sungai Cibereum sebelah kiri yang memanjang dari utara ke selatan sepanjang kurang lebih sekitar 10,3 Km. Semakin ke selatan, ciri khas vegetasi Muara semakin banyak di temui. Ditunjang dengan jalan darat yang merupakan Jalan Inspeksi Saluran Pembuangan Sungai Cibereum atau dikenal oleh penduduk sebagai Tanggul Kali Apur, yang menghubungkan daerah hulu di Cilenjing Dusun Balaipanjang hingga ke hilir di Tumpangsari Dusun Dungunsari, akses jalan khususnya di sepanjang sisi barat Desa Cisumur memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai arena lintas alam yaitu dengan medan yang datar di area persawahan, namun hingga laporan ini dibuat potensi ini belum dimanfaatkan.

Tingkat Kerawanan Bencana

Tingkat kerawanan bencana di Desa Cisumur berada pada sepanjang aliran sungai Cibereum, yaitu potensi bencana banjir khususnya di musim penghujan tepatnya pada saat debit sungai Cibereum sudah tidak mampu menampung air dari anak-anak sungai serta dari desa-desa di daerah hulu. Namun, dengan akan dibangunnya beberapa drain di sisi  sungai Cibereum pada tahun 2017 ini diharapkan potensi bencana banjir dapat ditanggulangi secara maksimal.

Pemanfaatan sungai Cibereum sebagai jalur transportasi sendiri hanya digunakan oleh kalangan tertentu yaitu sedikit nelayan dan petani khususnya di Dusun Dungunsari, secara umum pemanfaatannya masih minim namun dari hulu ke hilir atau sebaliknya alur sungai Cibereum dapat dilalui dengan menggunakan perahu motor dengan aman.

Daerah Aliran Sungai Cibereum

Sungai Cibereum masuk dalam sungai yang dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS Citanduy). Sungai ini memanjang dari hulu yang disokong banyak anak sungai di daerah utara hingga hilir bermuara di Pantai Selatan yaitu daerah Segara Anakan di Pantai Selatan Kabupaten Cilacap sepanjang kurang lebih 24,4 Km. Sungai ini menjadi batas wilayah Kecamatan Gandrungmangu dan Kecamatan Kedungreja. Di sisi kiri terdapat Desa Cisumur.

Pemanfaatan sungai Cibereum sebagai salah satu sarana transportasi sudah berlangsung sejak lama oleh penduduk di sisi  maupun kanan sungai. Pengangkutan hasil pertanian dan tangkapan ikan oleh penduduk setempat memanfaatkan alur sungai Cibereum, selain itu ada lingkungan (RT 9 RW 7) yang pada musim penghujan karena kondisi jalan darat yang buruk hanya dapat dituju melalui sungai Cibereum. Bahkan, even perayaan hari kemerdekaan RI hingga tahun 90an disemarakkan dengan lomba balapan perahu menyusuri sungai Cibereum.

 

Potensi Ekonomi

Keanekaragaman hayati yang tersedia di Desa Cisumur, sumberdaya manusia dan daya dukung lainnya yang tersedia di Desa Cisumur sebenarnya menyimpan segudang potensi ekonomi yang belum sepenuhnya terangkat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dari bentang alam yang ada di Desa Cisumur yang mayoritasnya berupa persawahan, para petani Desa Cisumur menghasilkan padi yang berkualitas dari berbagai varietas padi yang dibudidayakan, baik menggunakan sistem organik, semi-organik, maupun masih sepenuhnya menggunakan pupuk kimia.

Gambar - Pasar Desa Cisumur

Tanaman palawija selanjutnya juga dihasilkan oleh para petani di Desa Cisumur yang hasilnya juga menopang perekonomian masyarakat setempat. Produk komoditas palawija yang dihasilkan adalah sayur mayur, kacang panjang, terong, lombok, cabai, labu dan lain-lain yang umumnya dibudidayakan sebagai sampingan para petani.

Hasil bumi lainnya adalah buah-buahan, khususnya yang dominan adalah buah jeruk yang dibudidayakan oleh hampir sebagian besar masyarakat Desa Cisumur, baik di kebun, di tegal persawahan, di pekarangan maupun di halaman rumah. Selain Jeruk, buah pisang juga banyak dihasilkan para petani atau masyarakat Desa Cisumur, sayangnya tanaman pisang belum dikelola secara serius sehingga produksi yang dihasilkan kurang maksimal.

 

Disusun oleh: Shofyan Khasani, S,S

 

[1] Puskesmas Gandrungmangu I (2017)

 

Profil Wilayah Desa Cisumur

40.66 KB
cloud_download Unduh

map Wilayah Desa

Alamat : Jalan Kartadiwirya No. 1 Cisumur
Desa : Cisumur
Kecamatan : Gandrungmangu
Kabupaten : Cilacap
Kodepos : 53254
Telepon : 083874462456
No. HP :
Email : admin@cisumur.desa.id

message Komentar Terkini

  • person Muhiran

    date_range 25 April 2024 13:12:13

    Kegiatan yang baik dalam meningkatkan kompetensi serta [...]
  • person Suryo

    date_range 05 Oktober 2021 09:50:49

    Mantab [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 18 April 2020 13:08:26

    Pencegahan cukup baik [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 17 April 2020 12:46:03

    Cegah korona dengan hidup sehat [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 17 April 2020 12:41:13

    Maju desaku [...]

account_circle Pemerintah Desa

insert_photo Galeri

assessment Statistik

contacts Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 351
Kemarin : 450
Total Pengunjung : 324.546
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.145.77.171
Browser : Mozilla 5.0

folder Arsip Artikel


reorder Info Komersial

Hosting Unlimited Indonesia