rss_feed

Desa Cisumur

Jalan Kartadiwirya No. 1 Cisumur
Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah , Kode Pos 53254

083874462456 mail_outline admin@cisumur.desa.id

Hari Libur Nasional
Satu Muharam / Tahun Baru Hijriah
  • RUSWANTO, S.Sos, S.Sos

    Kepala

    Tidak Ada di Kantor
  • SHOFYAN KHASANI, S.S

    Sekretaris Desa

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Desember 2021 10:51:33
  • WARIS ANSORI

    Kasi pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    24 Juni 2024 22:49:50
  • TUGIMIN

    Kaur Umum dan Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
  • NYONO

    Kaur Keungan

    Tidak Ada di Kantor
  • MUHLASIN

    Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    30 April 2024 10:05:12
  • MUHYIDIN

    Kadus Balaipanjang

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    18 Januari 2022 14:16:55
  • HARYANTO

    Kadus Pondok Gede

    Tidak Ada di Kantor
  • SUKAMTO

    Kadus Purwadadi

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Juli 2020 12:04:19
  • NGADIYO

    Kadus Wanadadi

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    26 Januari 2022 12:41:39
  • SITI ROMLAH

    Kadus Cisumur

    Tidak Ada di Kantor
  • IHFAR SUGIARTO

    Kadus Dungunsari

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    30 April 2024 10:04:15
  • SOLIHUN

    Staf Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
  • AMIN MUCHSON

    Staf Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    06 Maret 2024 10:50:50
  • MUHAYAN

    Staf Kaur Umum dan Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    09 Januari 2024 08:39:40
  • RUSMINAH

    Staf Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
  • AKHMAD MUBARIR

    Staf Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor

settings Pengaturan Layar

Mari kita bantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19, hubungi Perangkat Desa setempat apabila diperlukan bantuan atau penanganan segera. -- selengkapnya... Simak perkembangan penanganan dan pencegahan Covid-19 di https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/ Terkendala situasi di tengah wabah Covid-19, Pemerintah Desa Cisumur sosialisasikan rancangan Perkades melalui Online -- selengkapnya... Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan.. Setiap kedatangan Pemudik/ Tamu dari Luar Kota/ Luar Negeri agar melaporkan kepada Ketua RT setempat dalam waktu 1 x 24 Jam sejak jam kedatangan dengan menyiapkan KTP dan Nomor HP yang aktif
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

0

Bulan Ini

9

Bulan Lalu

70

Tahun Ini

87

Tahun Lalu

556

Total
fingerprint
Sejarah Desa Cisumur

06 Maret 2020 13:14:37 10.611 Kali

Disclaimer

Hingga saat ini belum banyak yang dapat dipublikasikan berkaitan dengan sejarah Desa Cisumur. Sumber informasi yang menjadi rujukan hanya berdasarkan pada cerita yang diturunkan dari pelaku sejarah yang pernah hidup di zamannya, yang mana cerita itu diceritakan kepada anaknya dan anaknya atau cucunya saat ini bercerita sebagai narasumber. Beberapa orang lagi pada topik atau hal yang lain mengalami atau mengetahui secara langsung kejadian yang kami ulas dalam riwayat Desa Cisumur ini. Terkait dengan bukti otentik, kami belum pernah menemukan dokumen otentik yang menyebutkan atau secara tidak langsung menyatakan eksistensi Pemerintah Desa Cisumur pada zamannya.

Etimologi

Cisumur secara etimologi berasal dari kata “ci” dan kata “sumur”, ci dalam bahasa Sunda berarti “air” dan “sumur” sendiri berarti sumber air atau sumur. Menurut para sesepuh, bahwa sejak jaman dahulu, daerah yang sekarang dikenal dengan nama Cisumur memang daerah yang tidak pernah mengalami kekeringan pada saat daerah lain dilanda kekeringan. Penduduk dari beberapa daerah di sekitar Cisumur, pada saat mencari sumber air untuk keluarga mereka selalunya menuju ke daerah dimana air itu berada yaitu di daerah yang sekarang posisinya area persawahan di Dungunsari (perbatasan dengan Desa Sidaurip) yang mana saat ini sumur tersebut sudah ditutup dan beberapa tahun sebelumnya sumur tersebut dikenal sebagai sumur yang dikeramatkan, dimana sumur tersebut dikenal dengan nama Sumur Beji.

Penggunaan bahasa Sunda dalam penamaan ini dikarenakan pada zaman dahulu memang daerah Cilacap bagian barat termasuk Cisumur berada dalam pengaruh Kerajaan Galuh di Ciamis, hingga pada suatu hari terjadi pertarungan tokoh dari setempat (Jawa) dan Sunda, dan pada pertempuran tersebut tokoh dari Jawa dapat memenangkan pertarungan dan kekuasaan Kerajaan Galuh dapat berakhir meskipun pengaruh budaya masih belum dapat dihilangkan dari masyarakat setempat.

Asal Usul Penduduk

Menurut salah satu sumber, penduduk Desa Cisumur pada awalnya jauh sebelum terbentuknya pemerintahan di Desa Cisumur merupakan pendatang dari daerah timur, yaitu daerah Purworejo. Salah satu tokoh pendatang dari Purworejo yang disebut namanya adalah Mbah Jogo Taruno yang datang untuk membuka daerah pertanian di wilayah Cisumur, khususnya di bagian utara dan timur lokasi yang sekarang merupakan Balai Desa Cisumur. Setelah sekian lama membuka lahan (trukah) di Cisumur, beliau meninggalkan banyak keturunan di Desa Cisumur. 

Sejarah Pemerintahaan

Menurut seorang sumber, Desa Cisumur telah berdiri sejak sekitar tahun 1918 namun untuk Pemerintahan Desa mulai ada pada tahun 1920, meskipun demikian dokumen maupun catatan resmi yang menerangkan tanggal dan tahun berdirinya Desa Cisumur memang belum dapat diketahui. Pusat pemerintahan pada awal berdirinya Desa Cisumur pada masa pemerintahan Lurah Candrantika (Kepala Desa Pertama) adalah di daerah yang saat ini dikenal dengan Dusun Dungunsari.

Desa Cisumur merupakan Desa pokok yang ada di wilayah Gandrungmangu, dimana pada masa-masa sebelum kemerdekaan hanya terdapat 3 desa, yaitu Cinangsi, Gandrungmangu, Gandrungmanis dan Cisumur. Tepatnya, 2 desa di sebelah utara rel kereta api dan 2 desa lainnya di sebelah selatan rel kereta api yang membelah wilayah Gandrungmangu menjadi 2 bagian.

Pada masa sebelum terjadinya pemekaran desa di zaman pemerintahan Kepala Desa Sastro Prayitno,  wilayah Desa Cisumur mempunyai 9 dusun, yaitu Dusun Sidakaya, Gintungreja, Cihaur, Gebangsari, Sidaurip, Kuripan, Balaipanjang, Purwadadi, dan Cisumur. Setelah terjadi pemekaran desa pada masa pemerintahan Kepala Desa Sastro Prayitno di Desa Cisumur sendiri tinggal tersisa 3 dusun, yaitu Dusun Balaipanjang, Purwadadi dan Cisumur. Sementara di luar sana, lahirlah 2 Desa Pemekaran (desa baru) yaitu Desa Gintungreja dan Desa Sidaurip.

Pusat Pemerintahan Desa Cisumur sudah menempati lokasi di lokasi yang saat ini menjadi lokasi Kantor Balaidesa Cisumur yaitu di Dusun Wanadadi atau di Jalan Kartadiwirya saat ini. Dimana berdasarkan catatan Pemerintah Desa, Kepala Desa yang pernah bertugas di Desa Cisumur sejak awal mula berdiri hingga saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Lurah Candrantika.
  2. Lurah Jono.
  3. Lurah Kartadiwirya.
  4. Lurah Data Wirya Utama.
  5. Lurah Sastro Prayitno.
  6. Kepala Desa Urip Widodo.
  7. Kepala Desa Slamet Mashuri.
  8. Kepala Desa  Setiyono.
  9. Pj. Kepala Desa Sai'in Mubarok.
  10. Kepala Desa Setiyono.
  11. Kepala Desa H. Yusro (2013-2019)
  12. Pj. Kades Sumiran, S.E (9 April - 30 April 2019)
  13. Kepala Desa Supriyo (2019 - 2023)
  14. Pj. Kepala Desa Ruswanto, S.Sos (2023 - )

Pemekaran Dusun

Pada masa pemerintahan Kepala Desa Setiyono (masa jabatan pertama), terjadi pemekaran dusun hingga Desa Cisumur terbagi dalam 6 dusun, yaitu Dusun Balaipanjang, Pondok Gede, Purwadadi, Wanadadi, Cisumur dan Dungunsari. Dusun Balaipanjang dimekarkan menjadi 2 dusun, yaitu Dusun Balaipanjang di sebelah barat dan Dusun Pondok Gede (masyarakat setempat menyebut dengan Balaipanjang wetan). Dusun Purwadadi dimekarkan menjadi 2 dusun, yaitu Dusun Purwadadi di sebelah timur dan Dusun Wanadadi di sebelah baratnya. Sementara Dusun Cisumur dimekarkan menjadi 2, yaitu Dusun Cisumur dan Dusun Dungunsari.

Kejadian Penting

Tanggal 11 Juli 2023, tepat pada hari Selasa Pon, tercatat menjadi hari duka cita bagi masyarakat Desa Cisumur dikarenakan pada tanggal tersebut, Kepala Desa Cisumur, Supriyo meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Hadir pada upacara pelepasan jenazah, mantan Bupati Cilacap, bapak H. Tatto Suwarto Pamuji, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cilacap Bintang Dwi Cahyono, AP., M.M, Kabid Pembinaan Masyarakat Desa Dispermades Kabupaten Cilacap, Drs. Agus Subagyo. M.Si, Camat Gandrungmangu, Yani Yhustianta, S.STP., M.M dan rekan sejawat dari APDESI Kabupaten Cilacap.

Penjabat Kepala Desa Pasca Kades Supriyo

Pemerintah Desa Cisumur sempat mengalami kekosongan pimpinan selama kurang lebih 20 hari dikarenakan Bupati Cilacap tidak kunjung menunjuk Pejabat Kepala Desa setelah BPD Desa Cisumur mengirimkan Laporan Kepada Bupati perihal meninggalnya Kepala Desa. 

Tanggal 31 Juli 2023 Bupati Cilacap menandatangani Keputusan Bupati Cilacap Nomor 141.1/357/29/Tahun 23 tentang Pengangkatan Sdr Ruswanto, S.Sos sebagai Penjabat Kepala Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, hingga akhirnya pada tanggal 1 Agustus 2023 kekosongan pimpinan di Desa Cisumur berakhir ditandai dengan adanya Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat Kepala Desa Cisumur Tahun 2019-2025.

Menyandang Status Desa Mandiri di Tahun 2023

Desa Cisumur di tahun 2023 mendapatkan status sebagai Desa Mandiri dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berdasarkan Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 175 Tahun 2023 tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2023 tanggal 14 Juli 2023. Desa Mandiri merupakan status tertinggi dalam penilaian status Desa yang dilaksanakan oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan menggunakan Indeks Desa Membangun (IDM), sementara Skor IDM Desa Cisumur di Tahun 2023 adalah 0.8204.

 

(Artikel Sejarah Desa ini masih dalam tahap rintisan dan Admin mengharapkan masukan dari masyarakat yang mengetahui sejarah desa Cisumur agar berkenan membantu melengkapi artikel ini).

SK MENTERI DPT TTG STATUS MANDIRI

6.95 MB
cloud_download Unduh

map Wilayah Desa

Alamat : Jalan Kartadiwirya No. 1 Cisumur
Desa : Cisumur
Kecamatan : Gandrungmangu
Kabupaten : Cilacap
Kodepos : 53254
Telepon : 083874462456
No. HP :
Email : admin@cisumur.desa.id

message Komentar Terkini

  • person Muhiran

    date_range 25 April 2024 13:12:13

    Kegiatan yang baik dalam meningkatkan kompetensi serta [...]
  • person Suryo

    date_range 05 Oktober 2021 09:50:49

    Mantab [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 18 April 2020 13:08:26

    Pencegahan cukup baik [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 17 April 2020 12:46:03

    Cegah korona dengan hidup sehat [...]
  • person Bambang Setiadi

    date_range 17 April 2020 12:41:13

    Maju desaku [...]

account_circle Pemerintah Desa

insert_photo Galeri

assessment Statistik

contacts Media Sosial

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 343
Kemarin : 450
Total Pengunjung : 324.538
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.217.167.170
Browser : Mozilla 5.0

folder Arsip Artikel


reorder Info Komersial

Hosting Unlimited Indonesia